Saturday, October 19, 2013

Menyempurnakan Sisi Putih Sehingga Sisi Lainnya Membentuk Huruf T Terbalik



cara menyusun rubik
Gb.2a
Setelah pola cross terbentuk, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan Corner Pieces Putih, sehingga nantinya warna sisi putih akan terbentuk dengan sempurna. Caranya, cari Corner Pieces yg ada warna putihnya kemudian letakkan sisi putihnya di bagian kanan dan warna lainnya harus berpasangan dengan Center Pieces-nya secara diagonal.
cara menyusun rubik
Gb.2b
Lihat pada Gb.2b, warna biru harus berpasangan dengan biru secara diagonal. Perhatikan garis kuningnya. Itu wajib..! Biru berpasangan dengan biru secara diagonal dan warna putih ada di sisi kanan.
Setelah posisi tersebut didapatkan, langkah selanjutnya adalah melakukan gerakan berikut,

R→U→R'

Nah... warna putihnya sudah pindah ke bawah kan sekarang...
Lakukan hal yg sama pada sisi-sisi lainnya. Putar bagian atas (gerakan U) sampai ditemukan posisi seperti pada Gb.2b untuk ketiga warna yg lain (satu demi satu), setelah itu lakukan lagi gerakan di atas.
cara menyusun rubik
Gb.2c
Kalau suatu misal jatuhnya diagonal berada di sebelah kiri seperti Gb.2c, lakukan gerakan kebalikannya :

L'→U'→L

Lakukan gerakan yg sama pada sisi-sisi berikutnya, sampai terbentuk pola seperti pada Gb.2a di atas. Pada gambar tersebut dapat kita lihat, warna putih sudah terbentuk dengan sempurna dan layer-layer diatasnya juga telah membentuk huruf T terbalik (lihat garis hijau).
Oke... langkah pertama sudah selesai. Yang selanjutnya adalah ....
>> Menyempurnakan Layer Tengah

No comments

Post a Comment