Tuesday, January 28, 2014

Pengertian Link

Apa itu Link ? Masa gatau sih ! Kolot lu..!!
Makanya sering-sering ke Kambing-Nyeret.. Yaudah Nih.. Cekidot..
Link (atau di sebut juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertex) ke dokumen yang lain atau sumber lain. seperti hal nya suatu kutipan di dalam literatur. dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.
Link merupakan suatu kata, sederetan kata (kalimat) atau gambar dalam suatu web yang tehubung dengan suatu halaman web, baik itu halaman web dari dalam web itu sendiri atau pun halaman web pihak lain.

Penggunaan link pada suatu blog atau situs sangat berguna untuk membuat suatu navigasi yang dibutuhkan untuk membuat suatu penjelasan terhadap suatu objek. Karakteristik setiap link selalu mempunyai sumber dan arah, sumber merupakan link itu sendiri, baik berupa halaman teks atau gambar (teks yang dijadikan link biasa disebut dengan anchor teks), sedangkan arah adalah tujuan dari link (anchor teks) baik itu halaman blog atau website dari dalam blog itu sendiri ataupun halaman blog atau website pihak lain.
Untuk membuat suatu link dalam blogger sekarang ini sangatlah mudah, dalam menu posting kita sorot atau blok kata atau kalimat yang akan dijadikan link (anchor teks) kemudian klik tombol link seperti gambar dibawah ini dan isikan alamat url yang akan dituju dan klik Ok.





kode dasar dalam pembuatan link adalah tag <a> yang dipadukan dengan atribut href yang mengarah kepada halaman situs dalam blog itu sendiri atau halaman situs pihak lain.

Secara dasar kode HTML link adalah sebagai berikut :
<a href="url">anchor teks</a>

Dalam kode tersebut href="url" merupakan alamat yang akan dituju, sedangkan anchor teks yang penempatannya antara tag <a> merupakan kata, kalimat atau gambar yang tampil sebagai objek link, untuk lebih jelasnya perhatikan kode dibawah ini yang mengandung anchor teks :
<a href="http://kusutboy.blogspot.com">Kusut Boy</a>
dari kode tersebut diatas akan menghasilkan tampilan menjadi seperti ini:

No comments

Post a Comment